Komnas HAM Serahkan Laporan Investigasi Ke Presiden

Tragedi Kanjuruhan

Komnas HAM Lakukan Investigasi Terkait Penggunaan Gas Air Mata

 

JAKARTA – Komnas Ham serahkan hasil laporan investigasi mengenai Tragedi Berdarah Stadion Kanjuruhan yang merenggut nyawa 135 korban jiwa dan ratusan orang lain nya terluka, kepada Menkopolhukam, Kamis 3 november 2022. Bahwasannya laporan itu akan di serahkan lagi kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Kemenko Polhukam, Mahfud Md akan menerima langsung penyerahan laporan itu pada pukul 10.30 WIB di kantor Menkopolhukam. Laporan investigasi ini adalah bagian dari amanat Undang-undang. Karena kasus tragedi kemanusiaan ini melibatkan kepentingan dari banyak pihak, ujar Ketua Komnas Ham Ahmad Taufan Damanik pada konferensi pers hari rabu kemarin.

 

Komnas HAM Memperkirakan Banyak Tembakan Gas Air Mata

 
Komnas HAM Serahkan Laporan
 

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menjelaskan ada sekitar 45 gas air mata yang di tembakan oleh aparat kepolisian Brimob dan Sabhara di Stadion Kanjuruhan awal oktober 2022 lalu. Dalam Konferensi pers di kantor Komnas HAM. Komisioner Beka Ulung Hapsara mengatakan “Di perkirakan ada 45 tembakan gas air mata di dalam tragedi stadion kanjuruhan itu”.┬áDari 45 tembakan itu, 27 di antaranya terkonfirmasi terlihat dalam video dan 18 tembakan lainnya hanya terdengar suaranya.┬áPenembakan gas air mata dalam stadion itu, di lakukan aparat brimob dan sabhara tanpa melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Kapolres Malang.

 

Ketum PSSI Kembali Dipanggil Polda Jatim

 

Ketum PSSI Iwan Bule kembali di panggil oleh penyidik Ditreskrimum Polda Jawa Timur terkait tragedi kanjuruhan. Iwan Bule tiba di Polda Jatim pada pukul 10.17 WIB dengan memakai jaket berlogo PSSI. Dari pantauan wartawan, Iwan terlihat membawa sejumlah dokumen-dokumen, dengan di dampingi 2 orang yang juga banyak membawa sejumlah berkas.┬áMochamad Iriawan menolak berkomentar saat awak media bertanya. Ia hanya berkomentar “Hanya Dokumen pendukung aja, ya sudah Nanti saja, nanti saja setelah pemeriksaannya sudah selesai terima kasih semua ya”. Setelahnya Iwan pun berjalan masuk ke gedung Ditreskrimum Polda Jatim.

 
Sumber:

  1. https://news.detik.com/
  2. https://www.tribunnews.com/